Cara Aktivasi Windows 10

Tidak bisa dipungkiri saat ini kemajuan Windows semakin berkembang pesat, tidak terkecuali Windows 10. Hampir semua jenis laptop dan PC terbaru menggunakannya. Apalagi dibarengi dengan cara aktivasi Windows 10 yang tidak terlalu susah.

Hal ini ditandai dengan Jumlah pengguna dan kebutuhan pasar Windows 10 yang semakin besar. Tidak heran, jika sekarang ini sudah banyak beredar beragam promo penjualan.

Cara Aktivasi Windows 10

Jika Anda pengguna Windows 10, pernahkah melihat notifikasi ‘Windows version isn’t genuine’ di layar bagian pojokan? Jika pernah, salah satu kemungkinannya adalah Windows 10 di laptop atau komputer belum diaktivasi.

Untuk bisa menggunakan sistem operasi ini secara optimal, Microsoft mengharuskan penggunanya untuk menginstal Windows 10 yang asli dan kemudian melakukan aktivasi. Berikut adalah panduan untuk mengaktivasi Windows 10 dengan cepat dan juga ama:

Masuk ke Bagian Setting – Update & Security – Activation

Dalam bagian ini, Anda akan melihat status Windows 10 yang masih belum diaktifkan. Langkah selanjutnya adalah harus melakukan aktivasi Windows tersebut untuk dapat menggunakannya secara penuh.

Perhatikan baik-baik tulisan tersebut. Jika sekiranya tulisan tidak ada, kemungkinan bukan masalah aktivasi. Namun, bisa disebabkan oleh sofware lain yang tidak original. Perlu ketelitian untuk mengetahuinya.

aktivasi windows 10

Klik Change Product Key

Selanjutnya jendela lain akan terbuka untuk memasukkan product key Windows 10 tersebut. Anda dapat memasukkan kode aktivasi yang didapat ketika membeli lisensi dari produk Windows 10. Kemudian masukan lisensi tersebut dan instalasi sudah bisa dilanjutkan.

aktivasi windows 10 home edition

Memulai Aktivasi Windows 10

Proses berikutnya merupakan proses yang terbilang mudah untuk dilakukan. Setelah Anda berhasil memasukkan kode dengan benar, otomatis akan lanjut ke halaman aktivasi Windows 10 berikutnya. Selanjutnya klik Next untuk memulai proses aktivasi.

cara aktivasi windows 10

Sambungkan dengan Koneksi Internet

Setelah proses aktivasi dilakukan, tunggu hingga proses proses tersebut selesai. Cara aktivasi ini memerlukan koneksi internet, sehingga PC atau laptop Windows 10 harus dihubungkan dengan internet terlebih dahulu.

Karena membutuhkan koneksi yang cepat, gunakanlah jaringan wifi untuk hasil yang maksimal. Jika jaringan lemot, proses instalsi juga akan terganggu dan tidak cepat terselesaikan.

cara aktivasi windows 10 procara aktivasi windows 10 pro

Aktivasi Windows 10 Selesai

Setelah itu, akan terlihat pemberitahuan bahwa Windows sudah selesai diaktivasi. Kemudian klik tombol “Close”. Sekarang Anda sudah berhasil mengaktifkan lisensi Windows 10 dan menggunakannya secara full.

cara aktivasi windows 10 dengan cmd

Jangan khawatir jika saja akhirnya Windows yang Anda install tersebut error dan harus di reinstall kembali, karena aktivasi Windows 10 ini bersifat permanen dan bisa diinstall meskipun berkali-kali. Asalkan meggunakan komputer PC atau laptop yang sama. Anda juga bisa aktivasi windows 10 dikomputer / laptop apapun yang anda install dengan cara login ke akun microsoft yang sudah anda daftarkan terlebih dulu di komputer dengan OS windows 10 yang sudah teraktivasi secara resmi.


jika anda belum install OS Windows 10 silahkan baca caranya berikut ini Cara Instal Windows 10


Cara Aktivasi Windows 10 dengan KMSpico

Cara lain yang bisa dilakukan untuk aktivasi Windows 10 yaitu dengan menggunakan bantuan software KMSpico. Sudah banyak orang yang mencoba melakukan aktivasi dengan cara ini dan akhirnya berhasil. Tentunya Anda juga ingin menjadi salah satu orang yang berhasil bukan?

aktivasi dengan kms

Jika Anda masih awam dan belum paham bagaimana proses aktivasinya, maka simaklah beberapa langkah berikut ini.

Download KMSPico

Silahkan unduh software aktivatornya terlebih dahulu yaitu KMSPico. Anda bisa mengunduh software ini gratis di internet.

Matikan Antivirusnya

Hal yang perlu Anda lakukan pertamakali sebelum menjalankannya adalah dengan mematikan Windows Defender dan Antivirus pada komputer. Hal ini menjadi bagian penting karena terkadang kedua program proteksi tersebut mendeteksi aktivator sebagai sebuah ancaman terhadap sistem.

karena seringkali membuat aktivator tersebut terdeteksi sebagai virus sehingga akan otomatis terhapus dari perangkat. Anda dapat mematikkan kedua program tersebut melalui sistem control panel.

Jalankan Sofware KMSpico

Selanjutnya hal pertaman yang harus Anda lakukan adalah menjalankan program KMSPico yang sudah didownload sebagai admnistrator. Dengan menjalankan program tersebut sebagai administrator akan memberikan kebebasan dan membantu proses aktivasi.

Pilih Windows Key

Setelah Anda berhasil menjalankan program KMSPico sebagai adminstrator, nantinya akan muncul jendela dari program tersebut. Saat jendela tersebut muncul, Anda akan menemukan banyak pilihan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih Windows key.

Karena fungsi dari perintah tersebut untuk memberikan lisensi, maka lisensi yang diberikan terhadap Windows akan membantu dalam langkah-langkah selanjutnya. Sehingga, tahap ini menjadi sangat vital. Dan setelah memilih Windows key tunggu hingga proses tersebut selesai.

Pilih Activate Windows

Setelah program aktivator tersebut memberikan lisensi terhadap Windows 10 di PC atau komputer, selanjutnya harus meng-klik pada pilihan activate Windows. Pilihan ini berfungsi untuk melakukan eksekusi terhadap aktivasi di Windows di PC.

Tunggu Sampai Aktivasi Selesai

Setelah menjalankan aplikasinya, biasanya tidak lebih dari 3 menit proses aktivasi Windows 10 akan selesai. Dan Windows 10 tersebut sudah bisa digunakan sepuasnya.

Cara Aktivasi Windows 10 Melalui KMS Auto Lite

kmsauto activate windows gratis

Jika Anda ingin mencoba aktivasi Windows 10 dengan cara lain, mungkin KMS Auto Lite ini bisa menjadi salah satu pilihan yang patut untuk dicoba. Langkah-langkah aktivasinya akan dijelaskan seperti berikut ini:

Download KMS Auto Lite

Selain KMSpico ada juga cara aktivasi Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite, prosesnya juga sama mudahnya seperti tutorial sebelumnya yaitu silahkan download software KMS Auto Lite terlebih dahulu.

Buka KMSAuto.exe

Ketika sudah selesai mengunduh software tersebut, Simpan file dalam satu folder. Hal ini digunakan untuk mempermudah pencarian saat melakukan instalasi.

Ekstrak file yang masih dalam bentuk rar dan jalankan KMSAuto.exe. Sebelum menjalankan software ini, pastikan Anda menonaktifkan antivirus yang ada diperangkat.

Biasanya, antivirus salah dalam mengenali program ini. Kebanyakan dari antivirus mengenali aktivator ini sebagai virus yang berbahaya. Jika tidak dimatikan, antivirus akan langsung menghapus program tersebut.

Install GVLK

Setelah aktivator yang dijalankan, akan muncul jendela dari KMS Auto Lite. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencentang kolom intall GVLK. Setelah itu, pilih Forcibly yang masih dalam satu jendela yang sama.

KMS Auto Lite offline

Kemudian, centang juga pada kolom Windows key agar otomatis memasukkan lisensi pada Windows 10 yang akan diinstall. Kemudian, pilih opsi install GVLK lalu centang pada kotak Forcibly dan klik Windows Key. Nantikan sampai semua proses ini selesai.

Install Activation

Langkah selanjutnya dilanjutkan dengan install Activation dan klik Activate Windows di dalam kotak Microsoft product activation tersebut. Proses ini tidak berlangsung lama, bahkan hanya dengan hitungan detik saja. Tunggu sampai proses selesai dan menuju langkah berikutnya.

KMS Auto Lite offline langkah selanjutnya

Aktivasi Windows 10  Selesai, Restart Laptop / Komputer

Setelah semua proses sudah dilalui dengan benar maka aktivasi Windows 10 telah selesai dilakukan dan kemudian silahkan restart laptop untuk kemudian menikmati Windows 10 ini sepenuhnya.

Dengan menggunakan Windows versi terbaru, Anda bisa merasakan semua fitur yang tersedia di dalamnya. Cara aktivasi Windows 10 ini juga tergolong mudah. Baik untuk profesional, ataupun seorang pemula.

 

Leave a Comment