Cara Instal Windows 10

Beberapa laptop atupun PC saat ini masih menggunkaan jenis Windows lama. Kebanyakan dari mereka ingin mengantinya dengan versi terbaru. Untuk saat ini, Windows 10 merupakan versi yang paling update. Namun, tidak semua orang mengetahui cara instal Windows 10 dengan benar.

Mengenal Windows 10

logo windows 10

Windows 10 merupakan versi terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows yang ada saat ini. Sejak pertama kali diperkenalkan, Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam interface yang sebelumnya di Windows 8.

Sebagai generasi teranyar, Windows 10 kini hadir dengan kecepatan dan performa yang lebih baik, terutama pada proses bootingnya. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak pengguna yang lebih memilihnya.

Sebelum Proses Instalasi Windows 10

Menginstal Windows 10 tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi untuk Anda yang masih pertama kali mencobanya. Sebelum proses penginstalannya dilakukan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut :

Siapkan Installer Windows 10

Sebelum memulai melakukan proses instalasi, Anda harus menyiapkan installernya terlebih dahulu. Installer Windows 10 dapat menggunakan dua cara yaitu dengan DVD dan juga flashdisk. Tentun harus disetting terlebih dahulu menggunakan rumus agar data bisa terbaca sebagai drive bootable.

Settting BIOS Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan instalasi Windows 10, tentu saja flashdisk harus bisa dibaca oleh BIOS komputer. Inilah yang menjadi permasalahan banyak orang. Penting mengetahui bagaimana cara mengatur sistem BIOS agar dapat proses pengistalan dapat dilakukan dengan flashdisk.

Siapkan Charger

Jika yang diinstall adalah laptop maka colokkan charger dengan segera, jangan sampai batrei habis ditengah proses penginstalan. Hal ini dikarenakan, proses tersebut memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar setengah jam.

Cara Instal Windows 10

Sebelum Anda memulai menginstall Windows 10 baik pada laptop ataupun PC, sebaiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Ibarat kata siapkan persenjataan sebelum berperang.

Bukan hanya memastikan paham akan panduan dan langkah cara menginstallnya, tetapi juga hal-hal pendukung yang bisa menghambat teknis penginstallan Windows 10. Jangan sampai, ketika berada ditengah proses penginstalan ternyata masih ada perangkat lain yang kurang.

Ketika semua dirasa sudah lengkap, maka berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti selanjutnya:

Nyalakan Komputer atau Laptop Terlebih Dahulu

Nyalakan perangkat Anda terlebih dahulu sebelum memulai prosesnya. Khusus yang menggunakan Flashdisk sebagai media instalasi, masukan terlebih dahulu Flashdisk tersebut sebelum PC dinyalakan. Agar flashdisk terdeteksi dengan mudah.

Atur “Boot” atau “Booting” Pertama di Menu BIOS atau UEFI

Masuk kedalam Menu BIOS dengan menekan tombol “Del” secara terus-menerus dengan cepat saat menyalakan PC, mungkin pada merk lain bisa mencoba menekan pada tombol F1 / F2 / F9 / F10. Atau bisa juga sambil menekan tombol “fn” bersama dengan F1 / F2 dst. Supaya tombol tersebut berfungsi.

Sesudah masuk pada Menu “BIOS”, kemudian cari “Boot” dan pastikan booting pertama menggunakan DVD ATAU USB Flashdisk sebagai medianya. Boot ini kadang harus di cari terlebih dahulu pada merk lain.

cara instal windows 10 dengan flashdisk

Masukan DVD Windows 10 buat yang memakai drive-optic sebagai medianya.

Jika Anda menggunakan DVD dalam proses instalasinya, maka masukkan DVD Windows 10 ke dalam computer atau PC yang digunakan.

Simpan dan Restart

Jika pengaturan pada Boot sudah benar, maka simpan dengan klik “save” dan “restart”, nantinya tampilan akan seperti gambar dibawah ini. Kemudian, tekan toombol apapun yang ada di keyboard untuk memulai proses penginstalannya.

cara instal windows 10 ke windows 7

Pilih Bahasa

Pada proses selanjutnya akan ada pemilihan bahasa maka pilih “English” kemudian klik “Next”.

cara instal windows 10 dengan dvd

Install

Setelah proses sebelumnya selsai akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini kemudian klik “Install now” untuk melanjutkannya.

Masukan “Product Key” Windows 10.

Product Key merupakan sejumlah angka atau campuran huruf yang urutannya acak, biasanya digunakan untuk mengidentifikasi apakah sebuah program atau game tersebut original atau tidak.

masukkan serial number windows 10

Setujui Lisensi

Cara install Windows 10 yang selanjutnya adalah dengan menyetujui lisensi dan klik pada kotak kecil “I Accept the license terms”, dengan menekan tombol accept ini berarti Anda menyetujui semua kebijakan yang telah ditentukan. kemudian klik “Next” setelahnya.

setujui lisensi windows 10

Pilih Custome Advance

Custome advance merupakan sebuah prosedur “Clean Install” dan mulailah instalasi dari awal lagi agar sistem operasi bersih dan terbebas dari virus.

pilih upgrade atau install baru windows

Partisi Hardisk

Atur partisi hardisk untuk memilih penginstalan sistem sesuai dengan keinginan. Tapi perlu di ingat partisi sistem operasi sebelumnya harus dihapus terlebih dahulu dengan menekan “Delete” kemudian ganti dengan partisi yang baru.

partisi hdd

Pengaturan pada tahap ini bisa dilakukan dengan menggunakan kursor mouse yang di atur pada partisi tertentu, nantinya tombol pengaturan lengkap akan tersedia dengan sendirinya.

Tekan “New” untuk membuat Partisi baru.

Tekan “Delete” untuk menghapus Partisi.

Tekan “Format” untuk format Partisi.

Penting untuk diperhatikan, pastikan partisi yang berisi data penting tidak ikut terhapus. Hal ini merupakan langkah yang sangat krusial dan harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak yakin, simpan terlebih dahulu data penting pada tempat lain yang aman dan ulangi lagi prosesnya dari awal.

Caranya atur kursor pada partisi yang diinginkan untuk instalasi Windows 10, kemudian klik “Next” seperti gambar di atas untuk melanjutkannya.

Memulai Proses Transfer dan Instalasi

Tahap ini akan berlangsung secara otomatis, begitu juga proses restart juga akan berjalan secara otomatis pula. Restart terjadi beberapa kali dan biarkan hal ini berlangsung dengan sendirinya. Jangan klik tombol apapun sampai pada gambar berikutnya.

memulai proses installasi

Namun, jika terjadi dan terdapat tulisan “error” (getting files ready for installation), itu artinya memori Anda kurang bagus atau rusak, bisa di coba ulang kembali semua prosesnya atau ganti memori yang baru.

Cabut Flasdisk Ketika Mulai Restart

Penting Untuk diingat, bagi Anda yang memakai Flashdisk untuk instalasinya, maka flashdisknya harus segera dicabut ketika proses restart terjadi karena jika tidak proses penginstalan akan memulai dari awal lagi dengan sendirinya.

Atur Nama dan Password

Setelah restart otomatis beberapa kali, nantinya Anda akan diminta untuk memasukan data seperti nama, password dan beberapa pengaturan lainnya. Proses ini bisa diisi bebas atau jika tidak ada waktu bisa dilewati terlebih dahulu.

Selesai

Jika semua proses sudah dijalankan dengan benar maka itu artinya proses installasi sudah berhasil dilakukan dan tampilan akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Jika instalasi gagal dilakukan maka check kembali, adakah langkah yang mungkin terlewatkan.

windows 10 selesai di install

Sebagai generasi yang paling baru dan mutakhir, tentu banyak kelebihan yang dimiliki Windows 10. Karena kelebihan tersebutlah banyak para pengguna beralih dan lebih memilihnya. Cara instal Windows 10 juga tidak terlalu sulit untuk dicoba.


Sekarang tinggal aktivasi windows 10 yang telah anda install dengan Cara Aktivasi Windows 10


 

1 thought on “Cara Instal Windows 10”

Leave a Comment